ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) merupakan lembaga akreditasi internasional berasal dari Jerman untuk displin ilmu rekayasa, matematika dan sains, pertanian, biologi. Universitas Diponegoro, khususnya tiga program studi yakni Agribisnis, Peternakan, dan Teknologi Pangan, Fakultas Peternakan dan Pertanian kembali menunjukkan peningkatan mutu di bidang pendidikan yang tidak hanya memenuhi standar global tetapi juga internasional.

Pencapaian ini tentunya melalui proses penyusunan dokumen mulai dari tahun 2021. Visitasi akreditasi internasional ASIIN kepada ketiga prodi (Agribisnis, Peternakan, dan Teknologi Pangan) telah dilaksanakan pada 24-26 Januari 2022 lalu secara daring. Visitasi ASIIN tersebut dilakukan oleh lima orang Asesor yang berasal dari Jerman dan Indonesia. Mereka diantaranya adalah Prof. Dr. Thomas John dari University of Applied Sciences Neubrandenburg, Prof. Dr. Benrnhard Hiebl dari University of Hannover, Prof. Dr. Sonja Kleinertz dari University of Rostock, Almansyah Sinatrya dari Representatif Industri dan Cindy Septiany dari Perwakilan Mahasiswa.

“….dengan dicapainya Akreditasi Internasional ASIIN kami berharap program studi Agribisnis semakin berkembang dan berkontribusi meningkatkan kemajuan bidang Agribisnis di Indonesia. Selain itu, juga diharapkan mampu memberikan transfer ilmu pengetahuan yang lebih baik kepada mahasiswa dan menjadi program studi pilihan calon mahasiswa untuk studi di Universitas Diponegoro”, ujar Ir. Kustopo Budiraharjo, M.P selaku Ketua Program Studi S-1 Agribisnis

Begitupun juga tanggapan dari Siwi Gayatri, S.Pt., M.Sc., P.hD selaku Ketua Program Studi S-2 Agribisnis dan PIC ASIIN, “diraihnya akreditasi ASIIN oleh S1 Agribisnis ini menunjukkan bahwa kualitas pendidikan dan pengajaran telah diakui secara internasional. Pengakuan ini mendorong para lulusan dapat diterima oleh pasar kerja secara global serta menjadi wadah peningkatan kepercayaan masyarakat internasional”.

Tentunya, dengan terakreditasi ASIIN ini Program Studi S-1 Agribisnis menjadi lebih maju dan berkembang dalam hal desain kurikulum, fasilitas pembelajaran, dan proses asesmen hasil pembelajaran. Dengan tercapainya akreditasi ASIIN, harapannya Agribisnis Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro dapat lebih dikenal oleh perguruan tinggi di luar negeri dan menghasilkan lulusan yang dapat tersebar di berbagai sudut dunia.

klik : ASIIN Certificate Semarang UNDIP Ba Agribisnis 2023-03-24