Capaian Pembelajaran

Untuk mewujudkan profil lulusan Program Studi Agribisnis, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas DIponegoro, ditentukan seperangkat capaian pembelajaran yang terdiri dari sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan. Capaian pembelajaran Program Studi Agribisnis saat ini telah disusun dengan mempertimbangkan capaian pembelajaran yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk lulusan Sarjana di Indonesia melalui Peraturan Menteri Dikti 44/2015 dan standar kompetensi yang ditetapkan oleh Asosiasi Agribisnis Indonesia. Capaian pembelajaran Program Studi Agribisnis, Universitas Diponegoro adalah sebagai berikut:

Sikap

  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas yang berlandaskan agama, moral, dan etika, serta berkontribusi pada peningkatan kualitas kehidupan masyarakat.

Pengetahuan

  1. Penguasaan pengetahuan khusus yang meliputi manajemen, ekonomi (mikro, makro, dan pembangunan), kewirausahaan, dan komunikasi agribisnis serta pengetahuan aspek teknis pertanian dari hulu ke hilir sehingga usaha pertanian dapat dilakukan secara profesional.
  2. Penguasaan pengetahuan umum tentang konsep produksi tanaman dan konsep efisiensi, kelayakan, komunikasi, dan kewirausahaan sehingga dapat mengambil keputusan strategis dan operasional, dan menyelesaikan masalah di bidang agribisnis secara berkelanjutan.

Keterampilan umum

  1. Kemampuan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam rangka pengembangan atau penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan memperhatikan penerapan nilai-nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Kemampuan untuk bekerja secara mandiri dan kooperatif dalam kelompok multidisiplin dan memiliki komitmen untuk menyelesaikan semua tugas yang diberikan.
  3. Kemampuan mengkaji implikasi pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan penerapan nilai-nilai humaniora sesuai bidang keahliannya. Kajian juga harus didasarkan pada kaidah ilmiah, prosedur, dan etika untuk menghasilkan solusi, ide, desain atau kritik seni, dan deskripsi ilmiah yang dituangkan dalam bentuk skripsi.
  4. Kemampuan untuk mengevaluasi kelompok kerja di bawah tanggungjawabnya dan mengelola pembelajaran mandiri.

Keterampilan khusus

  1. Kemampuan menjalankan bisnis pertanian secara profesional, menggunakan konsep pertanian berkelanjutan, melalui analisis kuantitatif dan kualitatif dan mampu menggunakan hasil tersebut dalam desain dan operasi bisnis pertanian dalam sistem pertanian tropis untuk mengantisipasi tantangan lokal dan global.
  2. Kemampuan mengelola unit usaha pertanian mulai dari skala usahatani hingga skala perusahaan berdasarkan kearifan lokal dan wawasan global.
  3. Kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis masalah, potensi dan prospek serta merekomendasikan alternatif pengambilan keputusan di bidang agribisnis dengan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif.
  4. Kemampuan merancang dan mengoperasikan pengembangan unit usaha dan jaringan agribisnis yang inovatif, memberi nilai tambah, dan ramah lingkungan.