KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dengan pendekatan keilmuan pada daerah di Indonesia. Pelaksanaan KKN diharapkan dapat memberi manfaat kepada masyarakat sekitar. Pada masa pandemi saat ini, Universitas Diponegoro atau kerap disebut UNDIP melaksanakan kegiatan KKN pulang kampung yang membawa tema “Pemberdayaan Masyarakat ditengah Pandemi Covid-19 Berbasis Sustainable Development Goals (SDG’s)”.

Ruth Patricia Harefa seorang mahasiswi jurusan Agribisnis Fakultas Peternakan dan Pertanian merupakan salah satu mahasiswa yang melakukan KKN di RW 03 Kelurahan Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Program Kerja yang dilaksanakan adalah “Sosialisasi Cara Penanaman Tanaman Jahe Menggunakan Media Polybag”. Program ini dilaksanakan berdasarkan diskusi antar mahasiswa dengan Ketua RW 03 yang mengatakan bahwa saat ini banyak warga khususnya ibu-ibu di RW 03 memiliki hobi bercocok tanam. Adapun tanaman yang kerap ditanam adalah tanaman hias.

Berangkat dari kegemaran warga RW 03, mahasiswa memberikan program penanaman tanaman jahe menggunakan media polybag yang sangat bermanfaat dan pembudidayaannya tergolong mudah. Sehingga, warga 03 dapat menyalurkan kegemaran mereka dengan menanam tanaman obat herbal yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Menurut Aryantar pada Jurnal Kesehatan, selain menjadi bumbu masakan jahe juga dapat digunakan sebagai minuman atau obat-obatan herbal karena mengandung magnesium, fosfor, zeng, folat, vitamin B6, vitamin A, riboflavin, dan niacin. Selain itu Aryantar juga menambahkan bahwa jahe memiliki khasiat untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit ringan seperti masuk angin, batuk, mual-mual ataupun mabuk perjalanan.

Oleh sebab itu, diharapkan dengan pelaksanaan program KKN ini warga RW 03, Kelurahan Tinjomoyo tertarik untuk menanam tanaman jahe karena rimpang jahe memiliki manfaat dan khasiat yang sangat baik sekaligus menyalurkan hobi yang sedang trend sekarang yaitu melakukan cocok tanam.